Friday, November 2, 2012

Spek Engine Honda CB150R vs Vixion

Setelah Honda CB150R StreetFire resmi diperkenalkan di acara Jakarta Motorcycle Show 2012, praktis gambar Honda CB150R langsung tersebuar di dunia maya. Banyak yang bilang bahwa bentuk Honda CB150R mirip dengan Yamaha Old Vixion... benarkah?

Old yamaha Vixion

Yamaha Vixion versi 1

Honda CB150R Streetfire
New Yamaha Vixion

 

Bandingkan gambar Honda CB150R dan Old Vixion di atas, secara garis disain memang ada kemiripan antara keduanya, namun bila diteliti keduanya jauh berbeda. Honda CB150R menggunakan rangka tralis sedangkan Vixion menggunakan rangka deltabox. Desain Honda CB1501R lebih rounded sedangkan Vixion lancip bersudut. 

Yamaha Vixion selama beberapa tahun belakangan ini selalu merajai market motor sport di Indonesia, jadi bisa dipahami bila Honda menerapkan model yang sama  agar lebih mudah diterima mindset konsumen Indonesia. 

Sangat jauh berbeda dengan kasus yang terjadi pada desain old Honda CBR 150R yang dicontek mentah-mentah oleh salah satu produsen mocin.

Seorang blogger kawakan om Iwan Banaran melalui blognya yang beralamat di www.iwanbanaran.com, telah mengadakan polling untuk disain Honda CB150R vs New Yamaha Vixion, poling yang diikuti 4,694 responden hasilnya menunjukkan Desain Honda CB150R mendapatkan peringkat tertinggi dengan perolehan suara mencapai 2.952 votes atau 63%. Artinya….kali ini racikan desain AHM sukses mendapatkan tempat tersendiri dihati para biker tanah air. Perolehan suara unggul mutlak dibandingkan new Vixion yang dipilih 1.272 votes (27%). Sedang yang memilih netral mencapai 470 suara (10%). Ulasan lengkapnya ada di sini.

Perbedaan mencolok juga terjadi di sektor engine alias mesin Honda CB150R yang menggunakan DNA mesin Honda CBR150R bertipe CS150RE,  4-langkah 4 Valve DOHC, sedangkan Vixion menggunakan mesin tipe 4 Langkah, 4 Valve SOHC.


Spesifikasi Lengkap Honda CB150R

DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi :    2.008 x 719 x 1.061 mm
Jarak Sumbu Roda :    1.288 mm
Jarak Terendah ke Tanah :    148 mm
Ketinggian Tempat Duduk :    790 mm
Berat Kosong :    129 Kg
Radius Putar Minimum :    1.980 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar :    12 Liter


MESIN
Tipe Mesin :    4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
Volume Langkah :    149,48 cm3
Sistem Pendingin :    Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektris Otomatis
Sistem Suplai Bahan Bakar :    Injeksi (PGM-FI / Programmed Fuel Injection)
Diameter x Langkah :    63,5 x 47,2 mm
Tipe Transmisi :    6 Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi :    1-N-2-3-4-5-6
Perbandingan Kompresi :    11 : 1
Daya Maksimum :    12,5 kW (17,0 PS) / 10.000 rpm
Torsi Maksimum :    13,1 Nm (1,34 kgf.m) / 8.000 rpm
Tipe Starter :    Pedal & Elektrik
Tipe Kopling :    Manual, Wet Multiplate with Coil Springs
Kapasitas Minyak Pelumas :    1 Liter pada Penggantian Periodik




RANGKA
Tipe Rangka :    Diamond Steel (Truss Frame / Trellis Type)
Ukuran Ban Depan :    80/90 – 17 M/C 44P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang :    100/80 – 17 M/C 52P (Tubeless)
Tipe Rem Depan :    Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
Tipe Rem Belakang :    Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Tipe Suspensi Depan :    Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang :    Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Prol-Link)


KELISTRIKAN
Tipe Baterai :    MF 12 V –  5,0 Ah
Tipe Pengapian :    Full Transistorized
Tipe Busi :    NGK CPR9EA-9 atau ND U27EPR9

Spesifikasi New Vixion


MACHINE

Tipe Mesin
: 4 Langkah, 4 Valve SOHC - Fuel Injection, Berpendingin Cairan
Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder : 149,8 cc
Diameter x Langkah : 57,0 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi : 10,40 :1
Daya Maksimum : 12,2 kW / 8500 rpm
Torsi Maksimum : 15,5 Nm / 7500 rpm
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,95 Liter
Sistim Bahan Bakar : Fuel Injection
Tipe Kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi : 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5



CHASIS

Tipe Rangka
: Pressed Backbone (Deltabox)
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Link Suspensi Monocross
Ban Depan : 90/80-17M/C46P
Ban Belakang : 120/70-17M/C58P
Rem Depan : Cakram, piston ganda
Rem Belakang : Cakram, piston tunggal



ELECTRICITY

Sistem Pengapian
: T.C.I. / Transistorized Coil Ignition (Digital)
Battery : YTZ4V-MF (MF Battery 12V 3 Ah)
Busi : CR8E (NGK) / U24ESR-N (DENSO)



DIMENSION

P x L x T
: 2.010 m x 705 mm x 1.030mm
Jarak Sumbu Roda : 1.300 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 165 mm
Tinggi Tempat Duduk : 790 mm
Berat Isi : 125 kg
Kapasitas Tangki Bensin : 12 Liter

Bagaimana kansnya untuk merebut hati biker tanah air? Mana yang akan menang? Ada satu faktor lagi yang menentukan: Price alias Harga! 

Sampai saat ini belum ada harga resmi untuk kedua produk tersebut... tunggu aja rilisnya...

 

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites